Histats

Macam - Macam Sistem Operasi Untuk Komputer

Diposting oleh Ficri Pebriyana on Jumat, 07 Juni 2013
Sistem Operasi Untuk Komputer



Pengertian Sistem Operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.


Berikut adalah Macam - macam Sistem Operasi untuk Komputer :


1. Unix
Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Merupakan induk dari sistem operasi Linux.



2. DOS

Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Jika ingin mencobanya bisa lewat Start windows -> Run -> lalu ketik CMD -> tekan enter.



3. Novell Operating Sistem

Dibuat oleh novell coporation. Sistem operasi yang dulu pernah digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-in KRS mahasiswa.



4. Microsoft Windows

Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal adalah Microsoft Windows 3.1, 95, 98, 2000, ME, XP, Vista, Windows 7, dan yang paling  terbaru Windows 8.



5. Apple Machintos

System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di install di komputer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.



6. Linux

Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linus atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekakli macamnya. Mungkin linux atau yang dikenal dengan distro linux paling banyak. Beberapa diantaranya yaitu : Debian, Suse, Red Hat, Fedora, Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain.



7. Solaris

Dikembangkan oleh SUn Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan.



8. Free BSD

Dibuat oleh universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux.

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Posting Komentar

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot